Alternatif Bekerja Di Rumah

alternatif bekerja di rumah
Jaman sekarang bukan hanya laki-laki yang dituntut untuk bekerja, wanitapun sekarang ini begitu lulus sekolah atau kuliah maka harapannya adalah bekerja. Namun sekarang bekerja tidak identik dengan keluar rumah, ada alternatif bekerja di rumah, inipun tidak harus didominasi oleh wanita, laki-lakipun sekarang bukan hal yang aneh kalau bekerja di rumah.
Dengan perkembangan teknologi dan informasi yang begitu cepat, maka ada beberapa pertimbangan mengapa sekarang ini bekerja di rumah bukan hal yang tabu baik bagi laki-laki terutama wanita, sekarang ini banyak pilihan pekerjaan bahkan yang dulu bahkan tidak pernah terpikirkanpun sekarang bisa, antara lain

  1. Bekerja Di Rumah Untuk Perusahaan
    Dulu mustahil untuk melakukan hal ini, tetapi sekarang sudah mulai banyak perusahaan yang menerapkan sistem ini dalam beberapa lini terbatas, karena ada penghematan, efektivitas dan efisiensi yang didapat perusahaan dan karyawan tentunya. Menurut Jill Geisler, penulis buku Work Happy: What Great Bosses Know, bekerja dengan jadwal yang fleksibel membuat karyawan lebih bersemangat kerja. Ada beberapa alternatif, mulai dari bekerja paruh waktu, cuti di luar tanggungan, atau bekerja di rumah (telecommuting). Alternatif terakhir ini tampaknya kian banyak diminati dan menjadi tren pekerja era digital.
    Menurut data dari Inc.com menunjukkan di tahun 2005 pekerja telecommuting hanya mencapai 1,5 juta orang, sementara di tahun 2011 meningkat 60% menjadi 2,4 juta pekerja.

  2. Free Lancer (Kerja Lepas)
    Mengerjakan sebuah proyek atau pekerjaan dan setelah itu tidak ada ikatan. Sebenarnya prospeknya cukup menjanjikan karena anda cuma menjual keahlian atau menjual waktu dan tenaga yang Anda miliki, tentu saja pekerjaan yang memerlukan keahlian tertentu biasanya mendapatkan bayaran lebih mahal. Karena ada pekerjaan-pekerjaan tertentu lebih efisien di kerjakan oleh orang lain

  3. Bekerja Untuk Diri Sendiri
    Ini merupakan alternatif bekerja di rumah dengan cakupan yang luas. Mulai dari menjual produk, menjual jasa, dan sebagainya, dan bisa dilakukan secara online maupun offline

  4. Mendirikan Usaha Bisnis Lokal
    Sebagai wirausaha dengan menjalankan usaha bisnis lokal, yaitu menjual produk fisik atau jasa dengan batasan demografi tertentu. Misalnya untuk melayani satu RW, atau melayani satu kota.

  5. Mendirikan Usaha Bisnis Internet
    Sebagai wirausaha dengan menjalankan usaha bisnis internet. Bisnis internet adalah bisnis yang menggunakan media internet untuk menjual produk atau jasa, masih banyak peluang mendapatkan penghasilan dari aktivitas di internet asal Anda tahu caranya. Dengan pasar yang tidak terbatas dan jangkauan yang luas maka bisnis internet ini akan terus berkembang baik menjual produk fisik, digital maupun jasa.

Alternatif Bekerja Di Rumah Dengan Memanfaatkan Keahlian Yang Dimiliki

Anda bisa memulai kerja di rumah dengan memanfaatkan keahlian yang dimiliki, berikut beberapa ide yang bisa Anda coba:

  • Penulis
    Jika memiliki kemampuan untuk menulis tidak ada salahnya untuk di tekuni sebagai penulis freelance. Menulis tidak hanya soal bakat karena menulis bisa dilatih. Salah satu caranya dengan membaca tulisan orang lain dan mencoba menulis menurut gaya anda.
  • Tentor/ Guru / Pengajar
    Profesi ini akan terus ada karena pendidikan dibutuhkan semua orang dari usia anak-anak hingga dewasa membutuhkan pendidikan.
  • Desainer
    Pekerjaan desain ini meski membutuhkan kreatifitas tinggi namun sangat mengasyikkan apalagi kalau sudah menjadi hobi. Seperti desain arsitek, animasi, desain web, desain media cetak, desain interior, desain busana dan sebagainya.
  • Programmer
    Tenaga programmer sangat dibutuhkan dalam perusahaan.
  • Event Organizer
    Aset utama dari pekerjaan ini adalah kepercayaan konsumen. Kreativitas dan kerja keras adalah kunci suksesnya. Antusias konsumen untuk event organizer sangat tinggi seperti wedding organizer, pameran, company gathering, seminar, promosi product,talk show dll.

Pada intinya, sangat banyak alternatif bekerja di rumah yang bisa dilakukan.
Kalau anda tertarik ingin mengetahui lebih banyak informasi yang detail, tidak ada salahnya menuju link di bawah ini sebagai salah satu investasi terbaik anda.

Tulisan ini berusaha menggambarkan bahwa pilihan alternatif bekerja di rumah itu tidak terbatas.
Blogger
Disqus

No comments